Cara crimping kabel UTP RJ 45

Posted by Unknown Rabu, Maret 07, 2012 3 komentar

Cara crimping kabel UTP RJ 45

Mungkin semua orang sudah mengenal tentang IT karena zaman yang sekarang perkembangan yang sangat cepat namun belum tentu orang dapat melakukannya nah ini dia tutorial Cara crimping kabel UTP RJ 45 yang di tujukan untuk sharing dari komputer 1 dengan kkomputer lainnya ... bila ker warnet pasti menemukan kabel jenis ini .dan ini tutorialnua

1.Sebelum crimping kabel  kita kupas terlebih dahulu kabel luar dari UTP ,  pengupasan sekitar 1 inchi dari ujung nya agar pada saat melakukan pemasang RJ 45 bisa menghasilkan crimping yang bagus dan kuat.

2. Pastikan pada saat mengupas kabel luar tidak mengenai kabel kecil yang di dalam karena bila terkupas atau terpotong data transfer nya akan beda mungkin kabel juga akan cepat rusak.

3. Setelah mengupas kabel luar selanjutnya pisahkan kabel tersebut dan di luruskan pada tiap-tiap kabel agar pada saat di crimping menghasilkan kabel yang bagus.pisahkan kabel warna orange ke kiri  dan ke kanan warna cokelat lalu kita pisahkan pasangan warna hijau dan putih hijau.putih hijau ke  sebelah kiri dan hijau ke sebelah kanan lalu tinggal mengurai pasangan warna biru di bagian tengah agar saat penguraian kabel lebih mudah dan enak.



Jika di lihat pada gambar di atas terlihat jelas hasil penguraian sesuai petunjuk yang di atas.tidak sulit dan tidak memakan waktu banyak.

4.Kita sudah meluruskan masing-masing kabel konduktor ke urutan yang sesuai dengan standar pengkabelan.bagaimana urutan kabel standar??urutan kabel standar di sebut dengan 568-B untuk urutan kabel yang lebih jelas bisa di lihat di bawah ini

5.Langkah selanjutnya  potong semua kabel konduktor dengan cara di rapatkan semua kabel yang tadi sudah di luruskan usahakan agar potong secara rata dengan sudut 90 derajat sekitar 1/2 inchi dari kabel luar, jangan potong kabel terlalu pendek agar nanti nya dapat mencengkram kontak konduktor pada RJ45.

6.Langkah selanjutnya memasukan kabel konduktor ke RJ 45 pastikan kabel konduktor di pegang secara kuat agar kabel-kabel tersebut tidak mengalami pergeseran susunan kabel (tidak rata) dan masukan kabel dengan urutan awal warna orange dari kiri dan masukan ke RJ45.



7.Masuk pada tahap peng-crimpingan.pada tahap ini pastikan kembali hasil dari memasukan kabel ke RJ 45 dan dorong kabel dan usahakan sampai ke dalam kontak RJ 45 pada setiap kabel konduktor lalu tekan alat crimpping sampai berbunyi “klik” pada RJ 45.



8.jika sudah pada kabel ujung pertama lakukan cara yang atas untuk mengulangi kabel ujung kedua.jika kebutuhan nya adalah straight susunan pada kabel pertama sama kan dengan kabel kedua,jika kebutuhan crossover bedakan uraian kabel contoh nya sebagai berikut:

seperti gambar di atas jika ingin membuat kabel straight buatlah masing-masing ujung kabel dengan susunan straight dan jika ingin membuat kabel crossover ujung pertama mengunakan susunan straight dan ujung kedua mengunakan crossover.

9.oke,tahap terakhir adalah pengecekan koneksi kabel dengan mengunakan kabel tester agar semua kabel konduktor bisa di gunakan dengan baik contoh gambar kabel tester seperti gambar di bawah ini:


Penguji cobaan kabel dapat dicoba langsung dengan melakukan koneksi antar 2 komputer atau bisa disebut dengan Peer to Peer. Caranya sebagai berikut :

1. Colokkan kabel UTP pada kedua komputer.

2. Cek jaringan dengan masuk ke Control Panel => Network and Internet Connections => Network Connection.

3. Akan muncul jaringan LAN baru, lalu klik kanan => Properties => klik IPv6 dan klik Properties.

4. Set IP menjadi 192.168.0.1 pada komputer pertama dan 192.168.0.2. Lalu masukan Subnet Mask yaitu 255.255.255.0

5. Apabila sudah, buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard dan ketik "cmd".

6. Coba lakukan Ping dengan mengetikan ping <spasi> ip tujuan.

Selamat mencoba untuk Cara crimping kabel UTP RJ 45 dan semoga berhasil.
di kutip dari : http://panggilnamakutigakali.blogspot.com/2010/10/crimping-kabel-utp-yuk.html
Reviewer : Unknown - ItemReviewed : Cara crimping kabel UTP RJ 45

3 komentar:

Ferry Nurse mengatakan...

Terima kasih sahabat atas berbagi tipsnya ini
Follow sini sahabat

Arhif mengatakan...

Yang jadi pertanyaan besar di benak ane itu kenapa kok susunan pengkabelan untuk PC-PCdengan PC-hub bisa beda?
Sejarahnya gimana tuh?
Ane pengen tau

Arif mengatakan...

Tips yang bagus nih...

Harga kabel RJ-45 per meternya dan konektornya berapa ya?

Posting Komentar

!Tolong komentar yang membangun dan jangan SPAM !

Followers

Guest Book

statistic

Blog Ping